Pelatihan K3 atau Keselamatan Kesehatan Kerja dewasa ini semakin fundamental atau memiliki peranan penting baik tingkat nasional maupun secara global dunia. Pelatihan K3 banyak mempunyai manfaat penting khususnya dalam mengurangi kecelakaan dan penyakit didunia kerja. Dan Pengetahuan mengenai Pelatihan K3 ini seharusnya diketahui oleh seluruh pekerja.

Secara subtansi pengertian Keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah suatu bentuk tindakan yang dimaksudkan untuk meningkatkan ikatan didalam tempat bekerja dan meningkatkan peran aktif dari perusahaan ( semua jajaran dari tingkat atas sampai bawah ) untuk bekerja sama melakukan tugas dan kewajiban dalam bidang kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja.

Menurut OHSAS 18001:2007, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja. 

Dengan semakin dipahami dan diketahui, maka output dari Pelatihan K3 itu semua tentu saja untuk meningkatkan keamanan bekerja, image positif bagi Tempat bekerjanya